Tulisan Emansipasi

Terinspirasi oleh R.A Kartini

About Me

Ads Here

Wednesday, April 27, 2016

Seni Kolase dari Limbah Organik Ampas Kelapa

MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN BUANGAN AMPAS KELAPA



Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini sudah semakin pandai mengolah bahan-bahan buangan menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Ya, salah satunya dengan menjadikannya kerajinan tangan yang indah.
"Kolase"
Disini saya akan memberi sedikit cara dari karya saya yaitu "Kolase Hello Kitty" lucu.

Sebelum saya merincikan bahan dan cara membuat kolase dari ampas kelapa, tentunya anda wajib tau terlebih dahulu apa itu kolase disini akan saya jabarkan semuanya. Eh tapi ngambil dari blog tetangga sebelah. Nggak papa lah ya.... hehe

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Selama bahan tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili persaan estetis orang yang membuatnya.

Seni kolase berlawanan sifatnya dengan seni lukis, pahat atau cetak dimana karya yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. Pada seni lukis, misalnya, dari kanvas putih menjadi lukisan yang berwarna-warni. Dalam seni kolase bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat. Jadi kalau menggunakan kerang-kerangan atau potongan-potongan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah dirakit menjadi satu kesatuan.



Dari penjelasan diatas, saya dapat menyimpulkan, kolase merupakan hasil seni lukisan yang pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang tidak lazim di pakai di dasari dapat menciptakan imajinasi dengan bahan-bahan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Nah, pertanyaan nya "mengapa saya memilih judul membuat kolase dari ampas kelapa?"

Selain dari material kertas, kain, logam dan kaca, kolase juga bisa dibuat dengan bahan/material lain, tetapi sebaik nya kita pilih material yang ketika selesai dibuat, lukisan tersebut tetap dapat diketahui bahan dasar atau meterialnya, sehingga lukisan tersebut masih dapat disebut KOLASE.

Alasan saya memilih ampas kelapa untuk lukisan saya adalah
     Yang pertama ampas kelapa mudah sekali di cari jika anda repot kepasar untuk membeli kelapa, dan mungkin juga di pasar sekitarmu tidak ada yang menjual ampas kelapa, anda bisa saja membeli kelapa kemudian anda parut, sisihkan santanya, dan anda pakai ampasnya saja.
    Alasan kedua, ampas kelapa berwarna putih, sedang putih merupakan warna dasar, jadi dapat diwarnai dengan warna apa saja.
      Ketiga, ampas kelapa mempunyai serat yg berserabut, sehimgga jika seseorang melihat lukisan tersebut sekilas, orang tersebut tidak menyadari jika lukisan tersebut dibuat dengan ampas kelapa. Tapi jika dilihat secara seksama, tampak jelas lukisan tersebut di buat dengan ampas kelapa.
Sampai disitu penjelasan saya tentang kolase dan ampas kelapa, kita lanjut ke alat dan bahan untuk membuat kolase dari ampas kelapa

* Alat dan Bahan

1. Ampas kelapa
2. Pewarna makanan
    Anda dapat menggunakan pewarna makanan apa saja dan warna apa saja yang sesuai degan lukisan yang akan anda buat. Hati-hati jika anda ingin menggunakan pewarna textil, saya khawatir, hasil warna nya tidak begitu bagus.
3. Papan atau tripleks untuk alas lukisan, bisa juga menggunakan karton.
4.lem kayu
5. Pensil
6. Botol
7. Air

* CARA MEMBUAT


1. Gambarlah pola atau sketsa lukisan yang akan dibuat.

 Karena saya kurang pandai menggambar, kali ini saya menirukan animasi yang sudah ada dengan melihat gambarnya.

2. Asingkan dulu gambar yang sudah anda buat, ambil masing-masing 1 mangkok air kemudian beri warna berbeda sesuai gambar yang akan anda buat.


3. Taburkan ampas kelapa, kemudian aduk hingga warna tercampur rata.

4. Keringkan ampas kelapa dengan menjemurnya agar dapat melekat sempurna ketika akan dilekatkan pada papan.

5. Setelah kering, warnai gambar sesuai dengan warna yang anda inginkan menggunakan ampas kelapa tadi.

 Cara mewarnai

  • Olesi papan dengan lem kayu
  • warnai terlebih dahulu bagian garis tepi dengan menggunakan warna hitam untuk penegasan. Jangan takut untuk menaburkan ampas, jika lebih tebal maka lebih bagus hasilnya.
  • Tiup atau miringkan papan setiap anda selesai mewarnai satu bagian.
  • Warnai bagian lain sesuai dengan warna yang anda inginkan.


6. Setelah selesai tahap menempel ampas kelapa, hiasi kolase anda dengan bahan yang mudah dicari, seperti stereoform, batu, biji bijian, atau bumbu masak agar terlihat lebih menarik.

KOLASE selesai dibuat.

Semoga artikel saya kali ini dapat membantu sobat sekalian.
Terimakasih ..... :-) :-D



4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Selalu semangat ya . Semoga kita bisa menjadi orang yang betguna untuk orang lain

    ReplyDelete
  3. Selalu semangat ya . Semoga kita bisa menjadi orang yang berguna bgi orang lain

    ReplyDelete